Mar 20, 2020 Kategori Bisnis

Three Hal Wajib Sebelum Berinvestasi Saham

Jika kamu sudah siap dengan risiko investasi yang fluktuasinya tinggi, kamu bisa naik ke tingkat insrumen yang lebih tinggi dari reksa dana, misalnya saham. Berangkat dari tujuan dan jangka waktu investasi yang anda miliki, saatnya untuk mengenal karakter investasi dan profil risiko anda lebih jauh. Fokus pada satu tujuan, cobalah memikirkan berapa lama Anda akan berinvestasi. Tiap jenis investasi menawarkan risiko dan keuntungan yang berbeda, yang lebih cocok untuk periode investasi tertentu. Berinvestasi memberikan kamu kesempatan untuk menambah nilai atas uang kamu.

Namun sebelum membahas tentang investasi bodong, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu investasi. Secara umum, investasi adalah sebuah kegiatan menghimpun dana ataupun aset dalam jangka waktu tertentu. Investasi sendiri memiliki tujuan yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Kegiatan investasi selalu melibatkan dua Online Game pihak, yaitu pihak investor yang memiliki dana atau perusahaan dan pihak pengelola yang akan mengelola dana investor guna mendapatkan sebuah keuntungan. Untuk hal yang satu ini, Anda tidak perlu ragu lagi, karena reksadana termasuk salah satu bentuk investasi yang tercatat secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan .

berinvestasi

Jangan mengurangi besaran tabungan atau investasi yang semestinya Anda siapkan. Tetapi, Anda boleh berinvestasi dengan nominal yang lebih besar, hanya apabila memang Anda tengah memiliki uang lebih. Setiap orang punya caranya masing-masing tergantung kebutuhannya. Namun, sisanya harus ada yang dialokasikan untuk investasi atau menabung.

Karenanya, lanjut Tirta, investasi yang dipilih harus memiliki dua prinsip, yaitu authorized dan logis. “Bila tidak logis, ini harus hati-hati. Kemudian terkait legalitas, ini harus kita cek, sehingga kita bisa melakukan investasi secara cerdas dan aman,” kata Tirta. Beberapa manfaat dari investasi yang bisa Anda dapatkan antara lain mempertahankan gaya hidup ketika masa pensiun tiba, melawan inflasi, hingga mendapatkan pendapatan pasif. Bila kamu mau berinvestasi di dunia otomotif, mobil misalnya, berikut cara mudah untuk melakukan hitungan kredit.

Persentase besaran dana yang dapat dikeluarkan untuk investasi berkisar dari 20%-40% dari pendapatan yang didapat. Kamu harus pastikan bahwa kebutuhan primer sudah tercukupi sebelum melakukan investasi ya. Tingkat resiko dalam berinvestasi dapat diatur berdasarkan jenis produk yang diinvestasikan. Semakin tinggi resiko yang diambil, semakin tinggi pula keuntungan yang bisa diraih. Selama kita paham instrumen, maupun keuntungan dan kerugian yang dihasilkan dalam berinvestasi, kamu nggak perlu khawatir untuk memulainya.

Nah, itulah four jenis investasi yang cocok untuk pemula yang patut untuk dipertimbangkan dan hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai investasi. Investasi emas bisa dibilang salah satu jenis investasi yang paling mudah untuk dimulai. Biasanya perusahaan efek memiliki aplikasi online yang memudahkan investor untuk melakukan transaksi saham.

Namun saat seseorang memiliki horizon investasi yang pendek yaitu satu atau tiga tahun, maka sebaiknya dia menempatkan dananya di instrumen dengan volatilitas rendah. Hal itu ditujukan agar, nilai investasi yang diharapkan dalam jangka pendek tidak akan berkurang karena volatilitas pasar. Cara berinvestasi saham berikutnya adalah dengan memilih saham yang berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang perbankan atau consumer goods. Kedua perusahaan ini dapat dikatakan sebagai perusahaan dengan bisnis yang sederhana dan dianggap bisa mencetak laba signifikan tiap tahunnya.

Sebelum memilih investasi yang tepat, cobalah pilih platform investasi yang akan kamu gunakan. Saat ini sudah banyak platform online yang dapat membantu kamu memulai investasi dengan mudah, dari mana saja dan kapan saja. Selain membeli di toko, Anda juga bisa berinvestasi emas lewat aplikasi.

Hal itu disebabkan karena pengeluaran dan kebutuhan dana darurat seorang yang sudah berkeluarga tentu lebih besar ketimbang seorang lajang. Produk investasi juga gak sedikit, dan setiap produk memiliki risiko dan keuntungan yang berbeda-beda. Generasi suka plesiran ini memiliki kelebihan likuiditas karena mereka mengurangi kebiasaan traveling dan hang out.