Jul 23, 2020 Keuangan Bisnis

Perhatikan Dulu Mannequin Bisnis Kopi Sebelum Mendaftarkan Merek

Banyak yang ingin berbinis kopi juga ragu lantaran mesin espresso terkenal mahal. Untuk menyiasati itu dapat menggunakan alat guide bernama rok presso. Modal paling minim untuk membuka kopi menurut Yudhizt adalah Rp 10 juta. Kopi ternyata tak hanya sebatas minuman nikmat yang ujung-ujungnya dijadikan hobi. Kini, sudah banyak pecinta kopi yang menjadikan hobinya ‘lahan empuk’ untuk menambah penghasilan. “Saya lulusan instalasi listrik, sempat kerja di pabrik setelah lulus.

Masa ini ditandai dengan masuknya model jaringan kedai kopi fashionable dari Amerika Serikat Starbucks dan Coffee Bean . Kelima kehadiran platform journey hailing yang memudahkan proses penjualan. “Jadi saya berpesan, seraplah ilmu yang banyak, supaya saat membuka bisnis kopi, bisa menghasilkan kualitas kopi yang lebih baik dan berkualitas,” ucap Rully. Di Jambi kini banyak pengusaha yang mencoba untuk membuka coffee shop dan menjadikan ini sebagai peluang yang cukup besar untuk menarik perhatian kaum millennial yang ada di Jambi.

Seluruh starter package akan menjadi hak milik dengan skema cicilan selama 12 bulan. Sementara sepeda elektrik akan dipinjamkan selama menjadi mitra Jago. Jago akan menyediakan produk minuman kopi untuk dijual mitra dan perusahaan akan mendapat payment dari setiap penjualan yang berhasil. Misi lainnya yang ingin Yoshua salurkan adalah memberdayakan pengusaha mikro untuk memiliki bisnis sendiri dengan menjadi mitra Jago. Mereka dilatih menjadi barista profesional sekaligus pemilik bisnis. Namun begitu, ongkos yang perlu dikeluarkan untuk mencapai omzet sebesar itu juga harus bertambah.

Menurut Pemilik kedai kopi Teman Baik BSD, Ayu Aulia, untuk memulai bisnis kopi kekinian tidak harus mempunyai modal yang besar, cukup dengan uang Rp 17 juta. Siapa pun bisa memulainya terutama kaum milenial yang baru ingin memulai bisnis. Dalam sebulan, Yoko bisa menjual kopi dalam kemasan sebanyak 20 pcs. Dengan penjualan sebanyak itu, bisnis sampingan yang dijalankan Yoko bisa menghasilkan omzet sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 2,four juta per bulan. Yoko beralasan, minimnya omzet penjualan biji kopi itu lantaran saat ini dirinya sedang fokus mengembangkan bisnis kedai minuman kopi YoKopi.

Bisnis Kopi

Walaupun konsumsi dalam negeri tergolong rendah, bisnis kedai kopi masih cukup menjajikan. Kopi telah menjadi gaya hidup, jadi, potensi untuk mendapatkan keuntungan masih tetap besar. Maka solusinya adalah dengan memberikan nama yang unik, menarik dan mudah untuk diingat. Beberapa model kopi yang terkenal memberikan nama mereka dengan tema yang berkaitan dengan istilah keseharian market anak muda. Tentu kamu memerlukan barista untuk membantu menghidangkan kopi untuk pelanggan, maka kamu harus memilih barista yang mahir dan terpercaya. Kamu bisa mengajak teman kamu yang berprofesi sebagai barista untuk bekerja di tempat kamu, atau bahkan mengajaknya untuk berbisnis bersama.

Konsultan Food and Beverage (F&B) Renaldy Wicaksono mengatakan, bisnis kedai kopi sebelum pandemi Covid-19 sangat menjanjikan karena sudah menjadi bagian gaya hidup konsumen. Namun kini konsumen beralih untuk mengopi di rumah karena adanya pembatasan sosial. Sebelumnya pelajari dulu seperti apa cita rasa kopi yang mereka sukai. Pelajari perilaku mereka untuk kemudian melakukan langkah-langkah selanjutnya. Seperti misalnya tempat bagaimana yang cocok, desain atau konsep yang sesuai, dan range harga yang sesuai dengan goal konsumen. Kopi merupakan jenis minuman yang berasal dari pengolahan biji kopi.