Apr 16, 2020 Kategori Bisnis

Ojk Canangkan Sinergi Aksi Indonesia Menabung Di Bulan Inklusi Keuangan

Menabung bukan perkara jumlah atau nominal uang saja, melainkan kebiasaan yang dilakukan sejak dini. Dengan begitu akan mempermudah aktivitas tersebut hingga menjadi manfaat di masa depan. Tidak perlu tergesa-gesa dalam memberikan pemahaman tentang uang, karena tingkat pemahaman anak tentu berbeda.

Liburan bisa menjadi keharusan karena Anda dan keluarga memang layak melakukannya untuk sejenak keluar dari rutinitas yang menjenuhkan. Sulit sekali rasanya saat Anda atau anggota keluarga sedang menderita sakit, namun Anda tak punya tabungan. Atau contoh lain, saat mobil Anda rusak dan perlu Game Gacor ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk memperbaikinya. Dalam kondisi darurat begitu, tabungan bagaikan malaikat penolong bagi Anda. Jika Anda ingin memperkecil resiko memiliki hutang, maka berinvestasilah dengan cara menyisihkan pendapatan setiap bulan dalam bentuk tabungan atau asuransi.

Investor bisa mendapatkan keuntungan obligasi dari pendapatan bunga atau juga dari capital acquire saat melakukan transaksi jual beli di pasar sekunder. Sifat investasi yang penuh dengan tantangan dan dinamika sangat sesuai dengan jiwa mudamu. Selain itu, kini berinvestasi bisa dilakukan dengan sangat praktis dan mudah tanpa perlu menyita banyak waktumu. Kamu bisa memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS yang menawarkan banyak kemudahan dalam berinvestasi.

Selain itu, Anda akan lebih terdorong untuk hidup lebih hemat karena harus menyisihkan pendapatan setiap bulannya. Mungkin bagi orang dewasa mempersiapkan dana darurat tersebut untuk hal yang tak diinginkan seperti adanya PHK. Anak dapat memanfaatkan dana darurat tersebut untuk hal-hal yang mendesak, seperti membetulkan sepeda ataupun mainan yang rusak.

Tak perlu jauh-jauh, sejak kecil orangtua kita sudah mengajarkan untuk menyisihkan uang jajan untuk ditabung ke celengan. Bukan cuma itu, di sekolah pun guru mewajibkan siswa-siswinya untuk rutin menabung dan dicatat di buku tabungan. Jenis investasi ini adalah jenis investasi yang cukup diminati masyarakat di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena harga emas setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Pentingnya menabung

Tentunya ini kesempatan yang baik untuk menambah uang sehingga akan semakin banyak keuntungan yang didapatkan ke depannya karena waktu menabung lebih panjang. Membuatkannya buku tabungan anak nantinya bisa menjadi alternatif kita untuk memberikannya reward setelah berusaha menabung untuk waktu yang lama. Buku tabungan untuk anak juga bisa dijadikan hadiah spesial untuk anak jika memang anak telah semangat untuk menabung atapun ikut membantu pekerjaan rumah. Manfaat menabung untuk anak sejak dini secara langsung kita mengajari mereka untuk menghargai uang yang mereka peroleh.

Hal ini merupakan dukungan Bank Commonwealth terhadap Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan oleh Bank Indonesia. Antrian yang panjang serta biaya yang enggak sedikit membuat sebagian milenial ragu untuk mendaftar haji sejak dini. Padahal, kalau disiapkan sejak dini, kamu bisa lebih cepat pergi ke Tanah Suci dan semakin lama kamu mendaftar haji, maka semakin lama juga kamu akan berangkat.

Bank Commonwealth melakukan riset terhadap target penggunanya untuk mendapatkan masukan mengenai perilaku keuangan anak muda di Indonesia. Untuk itu, ingatlah tujuan yang ingin kamu wujudkan supaya semangat menabung dan berinvestasi. Selain itu, melansir Kontan.co.id, menabung juga dapat membuatmu lebih mudah mengatur dan menentukan sesuatu yang prioritas dan bukan prioritas.

Sebaliknya, tabungan tersebut malah memberikan reward menarik bagi pelajar yang rajin menabung. “Otoritas Jasa Keuangan bersama industri jasa keuangan khususnya financial institution umum dan BPR saat ini sedang melakukan kegiatan edukasi untuk menumbuhkan budaya menabung sejak usia dini. Kegiatan dimaksud telah direalisasikan melalui inisiasi program Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB) yang memiliki fitur bebas biaya administrasi dan setoran yang terjangkau,” ujar bupati. Sementara itu, Direktur Utama financial institution bjb Yuddy Renaldi mengatakan, pemberian tabungan pelajar tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan dan komitmen perusahaan dalam meningkatkan literasi keuangan nasional. Selain itu, bentuk dukungan lainnya juga diwujudkan dalam wujud inovasi produk layanan keuangan bagi pelajar. Dalam mengembangkan aplikasi CommBank Mobile, Bank Commonwealth melakukan riset terhadap goal penggunanya untuk mendapatkan masukan mengenai perilaku keuangan anak muda di Indonesia.