Jul 18, 2020 Keuangan Bisnis

Masih Belajar Tentang Investasi? Ini Rekomendasi Buku Belajar Saham

“Selama tidak ada perubahan dramatis dalam kondisi perpolitikan Indonesia, investor-investor besar dari luar tidak akan lari,” ujarnya. Para investor lokal juga tidak perlu khawatir akan serbuan investor asing, tambahnya. Contohnya saja; e-commerce, pemasaran media sosial, transportasi on-line, teknologi keuangan, mobil listrik dan lain sebagainya. Namun, penelitian menunjukkan bahwa tidak semua pemimpin bisnis serta investor ini siap menghadapi era disruptif tersebut. Bahkan, beberapa memiliki kecenderungan berpegang pada ‘cara-cara lama’.

Jika hanya mengandalkan sosmed, dikhawatirkan kamu akan mendapatkan pengetahuan separuh saja dan salah mengaplikasikannya. Nyatanya, para investor saham kelas kakap pun terkadang masih merugi karena fluktuasi pasar saham yang sering kali tidak terduga. Saham suatu emiten yang harga belinya rendah dengan basic perusahaan yang kurang meyakinkan bisa saja mendadak naik. Lalu, bisa saja harga sebuah saham turun meski dikenal sebagai saham blue chips.

Banyak anggapan bahwa saham merupakan investasi yang sangat berisiko dan berbahaya. Melalui fitur ini kamu dapat menghitung berapa keuntungan dari investasi emas yang kamu miliki. Jika kamu sering bingung karena dana investasi terpakai, cobalah manfaatkan tips yang satu ini.

Belajar Investasi

Dengan demikian, kamu bisa mengetahui alokasi dana yang harus ditabung dengan mudah dan praktis. Tentunya tidak ribet dan tujuan menabungmu akan lebih mudah tercapai. Dengan kata lain, kamu akan membuka 2 rekening, di mana rekening pertama dijadikan rekening utama yang sering digunakan sedangkan rekening kedua dijadikan rekening untuk menabung. Selama ini saya tidak pernah berinvestasi, sehingga saya bingung harus mulai dari mana. Sebelum mulai, izinkan saya sedikit bercerita pengalaman saya belajar berinvestasi.

Sementara bagi pecinta kuliner, mereka bisa makan apa saja tanpa perlu memikirkan harga makanan. Hematnya, merdeka finansial adalah fase ketika kita merasa cukup sesuai dengan kemampuan keuangan kita. Kondisi ini bisa membuat kita merasa bebas untuk dapat menjadi diri kita sendiri dan melakukan hal-hal yang kita sukai tanpa mengkhawatirkan kondisi keuangan kita lagi. Contohnya, uang digunakan untuk membeli barang-barang mahal yang belum tentu dibutuhkan, berwisata setiap ada kesempatan, atau mencari hiburan tanpa mempertimbangkan kondisi kesehatan tabungan.

Nilai properti sendiri dipengaruhi oleh inflasi, lokasi, serta penawaran dan permintaan. Jawabannya adalah serumit apa pun sebuah cara investasi dan strateginya, termasuk pilihan instrumennya, tetap tidak menghindarkan diri kita dari kerugian. Sesuatu yang kompleks yang jelas akan memakan effort kita untuk berupaya lebih dan berbiaya lebih. Secara tahunan, dari Januari hingga November 2020, jumlah transaksinya mencapai 8,four triliun. Sebanyak 4,9 triliun diantaranya dikontribusi oleh aktivitas transaksi yang dilakukan oleh investor retail.