Jul 25, 2020 Keuangan Bisnis

Kafe Dan Kedai Kopi Menjamur Buka Peluang Industri Pemasok Peralatan Dan Bahan Baku

Stevy mengajaknya untuk melakukan perjalanan bisnis hingga di titik terakhir. Ya, Stevy ditemani temannya, Aldy melakukan perjalanan mulai dari Semarang, Salatiga, Pekalongan, lalu Jakarta untuk menjalani bisnis kopinya. Unik, sebuah konsep bisnis yang sederhana, namun ternyata tidaklah sesederhana yang dipikirkan. Asal tahu saja, kopi di BUMDes Wanagiri dijual dengan harga bervariasi.

Jika anda inn omset jutaan perhari, anda harus menarget konsumen ini. Mereka rela membayar mahal, oleh karena itu mereka layak mendapat kopi terenak yang pernah ada. “Tapi kalau untuk dekor juga tergantung lagi konsepnya gimana, kalo coffee shop yang to much dekor ya buat aku enggak deh, karena orang ngopi nyari santainya. Balik lagi ya apa konsepnya,” paparnya. JAKARTA, KOMPAS.com – Siapa bilang modal pas-pasan tidak bisa membuka kafe kopi? Dengan mendaftarkan perusahaan ke Jurnal, Anda juga dapat memonitor keuangan bisnis Anda di mana pun dan kapan pun.

Para penikmat kopi akan benar-benar memilih citarasa kopi yang nikmat dan tempat yang nyaman untuk menikamtinya. Dan alasan-alasan itulah yang bisa di manfaatkan oleh pengusaha kedai kopi atau calon pengusaha kedai kopi sehingga bisnis kedai kopi ini akan sangat menjanjikan ke depannya. Bila Coffindo Lovers tak mampu untuk membuka gerai seperti warung kopi atau coffee store maka jangan berkecil hati, masih ada cara lain yang dapat Coffindo Lovers coba dalam menjual kopi. Kopi kemasan ini bisa dimulai dengan cara membeli biji kopi yang sudah dipanggang dari roaster.

Biasanya banyak sekali anak-anak muda yang menggeluti profesi barista ini, sehingga kamu bisa mencarinya dengan mudah. Seperti halnya menggunakan jasa roasting kopi di atas, pemain kopi pemula yang sudah memiliki skill coffee roasting, dapat menggunakan mesin roasting dengan sewa penuh dari mesin pemilik. Namun tidak semua pemilik mesin roasting mau mempercayakan mesin operasi yang dimilikinya kepada pihak lain. Model bisnis ini bisa langsung mengontrol kualitas biji kopi dengan bermitra dengan petani atau provider yang bisa dipercaya. Kegiatan tersebut dapat diawali dengan memperoleh kacang hijau dari petani dengan kualitas masak optimum selama proses panen di kebunnya. Dulu, kedai kopi identik dengan warung yang kurang nyaman, suasana tidak menarik dan monoton.

Bisnis Kopi

“Kami ingin menawarkan kopi berkualitas tinggi freshly made oleh barista pribadi yang datang langsung ke konsumen. [newline]Jenis usaha apapun pasti memerlukan lokasi yang tepat untuk bisa berhadil dalam bisnisnya. Lakukanlah riset kecil-kecilan dalam menentukan lokasi bisnis kopi yang cocok. Cari tahu bagaimana pola konsumsi dari calon pelanggan kamu dan amati apakah ada kompetitor bisnis di wilayah yang akan menjadi calon lokasi bisnis kamu.

Yang kamu perlukan hanyalah menjual kembali biji-biji kopi dari mereka ke berbagai orang . Tentunya kamu akan mendapatkan untung yang lumayan karena kamu membeli bijinya dengan harga yang lebih murah dari tangan pertama. Sebelum menjual yang kamu perlukan adalah ketelitian memilih biji mana yang terbaik dan layak jual. [newline]Jika memungkinkan kamu bisa saja me-rebrand kembali biji-biji kopi ini dengan brand kamu sendiri. Dengan begini kamu dengan mudah memiliki usaha jual-beli biji kopi dengan modal yang tentu saja ringan.

Mesin tersebut dinamakan mesin kopi instan yang cocok sekali digunakan untuk bisnis kopi dengan usaha berjenis warung kopi, kafe, kedai, lodge, kantin, restoran , hotel maupun untuk catering. Cara penggunaan mesin kopi ini sangat gampang, bagi siapa saja dapat menggunakan dengan cara pengoperasian yang sangat mudah. Mesin kopi menjadi pilihan yang tepat untuk membantu memperlancar bisnis kopi bagi siapa yang menekuni bisnis tersebut. Kegunaan mesin kopi instan adalah untuk membuat kopi dengan cara instan yang praktis dan tidak ribet. Anda dapat dengan mudah menemukan mesin kopi ini dengan mengunjungi toko mesin maksindo. Tren itu diikuti dengan semakin menjamurnya bisnis kedai kopi atau coffee store, serta semakin meningkatnya tren minum kopi, terutama di kalangan milenial.

Yang pasti, lanjut Sebastian, modal awal untuk menjalankan bisnis kopi terbilang tidak sedikit. Ia menuturkan, untuk memulai usaha biji kopi ini, dirinya harus merogoh kocek hingga Rp 50 juta. Dana sebesar itu digunakan untuk membeli biji kopi dari petani, ongkos transportasi, biaya sangrai, mencetak kemasan, membeli timbangan, dan perlengkapan lainnya. Melihat knowledge peningkatan konsumsi kopi tersebut, tak dapat dipungkiri bahwa bisnis kedai kopi merupakan bisnis yang memiliki prospek yang baik ke depannya. Kini para pebisnis hanya perlu menginovasikan konsep kedai kopi yang unik agar dapat menarik para konsumen, sehingga mampu bersaing di dalam bisnis ini.

Tren Bisnis Kopi dan Perkembangannya – Perkembangan tren bisnsi kopi di Indonesia berlangsung cukup pesat selama beberapa waktu belakangan ini. Lebih dari sekadar aktivitas, minum kopi sudah berkembang menjadi bagian dari gaya hidup. Selain itu, di Tokopedia kamu juga bisa mencari berbagai varian kopi yang kamu inginkan. Dari modal Rp 10 juta, dirinya mampu meraup penghasilan Rp 7-8 juta per bulan. Kemudian penghasilannya meningkat di masa pandemi covid-19 ini menjadi RP 9-10 juta per bulan. Lantaran selama PSBB banyak pelanggan yang memesan secara online karena takut paparan virus covid-19. [newline]Mereka berempat menjalani bisnis dengan mendirikan kedai kopi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Masa kerja di pabrik saya jadikan pelajaran untuk pengolahan kopi,” paparnya. Seluruh proses produksi hingga ke pemasaran dilakukan langsung oleh Yono. Sobat EasyPay, tahukah kamu bahwa Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia?