Aug 04, 2020 Keuangan Bisnis

Eleven Sikap Yang Perlu Dimiliki Calon Pengusaha Sukses

Semua orang bisa mengubah kebiasaan dengan cepat asalkan sudah memiliki keyakinan yang kuat. Mental anti-kompetisi di pengusaha Indonesia bisa dilihat dari banyaknya asosiasi-asosiasi dan perkumpulan-perkumpulan pengusaha yang fungsinya ingin menciptakan kartel di sektor tertentu dan menekan pemerintah. Untuk memulai usaha baru, buatlah plan yang jelas, usahakan untuk fokus pada plan tersebut. Agar bisnis Anda nantinya dapat berjalan dengan lancar, mulai dari sekarang Anda belajar bagaimana cara membangun tim atau relasi bisnis. Persiapan selanjutnya agar Anda berhasil memulai usaha baru yaitu kuasai bidangnya. Siapkan pikiran Anda untuk mengatur semua kegiatan bisnis tersebut.

Mudah, tidak sulit, semua itu bisa dilatih dengan cara terus belajar dan praktek. JAKARTA – Tantangan birokrasi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan semakin hari semakin kompleks. Birokrasi tidak dapat hanya menjalankan rutinitas pemerintahan yang itu-itu saja , tetapi harus ada perubahan-perubahan dan senantiasa berupaya untuk mewujudkan birokrasi yang lebih baik. Namun kenyataannya lain, kekuatan UU Otsus Papua tidak bisa membendung nafsu ketamakan perusahaan-perusahaan raksasa tersebut untuk mengeksploitasinya. Dari eksploitasi ini telah terjadi laju deforestasi di seluruh Tanha Papua secara cepat. Tanah-hutan selain sebagai tempat jaminan hidup secara ekonomis, tetapi juga sebagai tempat yang melahirkan identitas budaya dan jati diri orang Papua.

Mentalitas pebisnis

Tidak kuat dan stress melihat bisnis yang dibangun lambat tumbuh, penjualan seret, sementara dana dan tenaga sudah banyak dicurahkan. “Aset juga harus lihat ke dirinya sendiri, apa, sih, yang dia miliki. Misalnya, wah kalau saya punya uang Rp1 milyar, saya akan bikin usaha. Ini salah, harusnya kalau saya punya usaha, saya akan bisa bikin Rp1 milyar. Sebetulnya untuk menjadi seorang entrepreneur, yang dibutuhkan bukan hanya ambisi atau kreativitas tetapi juga pola pikir yang tepat untuk mewujudkan sesuatu.

Saat memulai bisnis, terkadang kita merasa sangat sulit karena khawatir akan menemui kegagalan. Akan tetapi, kita tidak perlu takut karena hal itu akan membuat kita tidak maju dan berkembang. Salah satu cara yang dapat Anda pupuk adalah dengan menganalisis kemungkinan risiko terbesar atau kemungkinan terburuk yang akan menimpa usaha dan menyiapkan diri untuk mengatasinya.

Dalam menjalankan usahanya, pengusaha tentunya akan menciptakan produk atau jasa yang diminati oleh konsumen, sehingga mendorong munculnya demand dari konsumen dan supply dari pengusaha. Permintaan dari konsumen akan mendorong jalannya produksi yang membutuhkan tenaga kerja sehingga pengusaha mampu menciptakan lapangan kerja untuk tenaga yang membutuhkan. Karyawan yang mendapatkan upah dari pengusaha kemudian mempunyai pendapatan yang dapat memenuhi kebutuhan keluarganya.