Jul 24, 2020 Keuangan Bisnis

6 Suggestions Memulai Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula

Tingginya tingkat konsumsi pun memberikan dampak pada bisnis kopi di Indonesia. Dikutip dari Bisnis.com, bisnis kedai kopi di Indonesia diprediksi akan mencapai angka 15% – 20%. Angka ini naik kalau dibandingkan dengan tahun 2018 yang hanya mencapai 8% – 10%. Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan kedai kopi di berbagai kota di Indonesia.

Semua ini akan menentukan posisi dan kelas dari produk kita nantinya. Buktinya, masih selalu bermunculan coffee store baru di berbagai wilayah, dan masing-masing memiliki segmen dan peminatnya sendiri. Start up espresso shop yang sudah berjalan juga terlihat terus ekspansi, dan beberapa bahkan mendapatkan dana investor yang fantastis jumlahnya. Dengan tren yang terus stabil dan cenderung meningkat, tidak heran banyak pebisnis yang tertarik dengan usaha kopi ini. Ketika memulai usaha kedai kopi, Anda membutuhkan barista untuk menyajikan kopi pada para pelanggan. Untuk merekrut barista, Anda bisa memasang lowongan pekerjaan di web.

Yoshua mengungkapkan mitra yang ingin bergabung tidak dikenakan biaya. Mereka akan mendapat starter package untuk memulai usaha senilai Rp4 juta yang terdiri dari satu set alat guide brewing ; helm sepeda; sling bag; lap mikrofiber dan plas chamois; dan jaket. Pemesanan kopi Jago dilakukan sepenuhnya secara digital melalui aplikasinya dan sudah terhubung dengan uang elektronik Gopay untuk pembayarannya. Aplikasi akan menghubungkan langsung ke perangkat mitra Jago terdekat dari lokasi konsumen. Untuk membeli kitchen tools, seperti mesin espresso, grinder, kulkas, pemanas air, mixer, blender dan alat pendukung lainnya, Jazil harus merogoh kocek sebesar Rp70 juta.

Lokasi ini dapat dipilih seperti pusat kota, tempat rekreasi, mall, sekolah, kampus, pinggiran jalan raya ataupun lokasi yang dekat dengan pabrik atau kawasan kantor. Gaya hidup minum kopi saat ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat, khususnya milenial. Hal ini tentunnya turut menumbuhkan industri kedai kopi dalam negeri.

Bisnis Kopi

Menyerah hanya boleh kamu lakukan jika kamu sudah tidak menemukan solusi untuk bisnis kamu. Namun jika sekiranya masih ada solusi, maka carilah solusi tersebut sehingga kamu bisa terus maju dan tidak menyerah. Selain menjalankan bisnis, kamu juga perlu mempelajari setiap kesalahan dan keputusan yang kamu ambil.

Untuk bahan-bahan, Anda bisa mencarinya by way of on-line maupun offline. Di sektor kopi, potensi pasar nasional masih menarik untuk dilirik. Untuk menyiasati pandemi, kemasan kopi sachet tentu saja lebih praktis untuk konsumsi sehari-hari. Hal ini membuat konsumen tidak perlu banyak pergi ke luar rumah untuk meminum kopi. Kopi literan memiliki quantity isi yang lebih besar dari kebanyakan kopi yang dijual.

Kendati bisnis kedai kopi terus tumbuh, dia meyakini kontribusi untuk serapan dalam negeri hanya bisa mencapai maksimal 40%. Bila ingin melakukan promosi secara hemat, cukup gunakan media sosial. Promosi di media sosial terbukti dapat menjangkau konsumen dalam lingkup yang lebih luas. Sehingga Anda dapat menjaring lebih banyak pecinta kopi untuk datang ke kedai Anda. Untuk mendapatkan bahan baku biji kopi berkualitas, Anda dapat mencarinya dari para pemasok.