Aug 05, 2020 Keuangan Bisnis

6 Psychological Entrepreneur Yang Harus Anda Miliki Agar Bisa Sukses

Tentunya Anda sudah mengenal kata entrepreneur, pada dasarnya apa sih entrepreneur itu? Saat bisnis terkena kendala, pebisnis yang tidak memiliki psychological dan karakter yang kuat akan kandas. Mental dan karakter entrepreneur sukses inilah yang kemudian menjadikan seorang pebisnis sukses di Indonesia, Bob Sadino, menjadi seorang pengusaha berhasil. Tak hanya hal tersebut, dengan memiliki psychological positif maka pelaku bisnis akan lebih mudah untuk fokus pada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan perusahaan, dan atas hasil-hasil yang ingin dicapai. Jadi, attitude yang baik memiliki peranan penting bagi seorang pebisnis.

Namun sebaliknya, ia memutar otak bagaimana mengatasi kondisi sulit tersebut dengan terus membangun binis. Namun pengalaman saat membantu berjualan di toko maupun di pasar membekas dalam dirinya dan membawanya menjadi seorang pengusaha sukses di usia dewasanya. Kendati kini telah menjadi pengusaha yang sukses, Heppy mengaku tidak mudah menjadi seperti saat ini. Karena itu, kamu harus pelajari kendala mental-mental ini untuk punya jiwa pebisnis sepenuhnya. Jangan biarkan sikap mental yang salah itu menghalangimu dari kesuksesan.

Ia mempunyai usaha yang bergerak dalam bidang bahan bangunan atau toko materials. Nah jangan sampai itu terjadi pada diri anda, karena anda sudah mengetahui akan hal itu. Anda harus tau resiko yang akan anda hadapi dengan begitu anda dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi resiko kedepan.

Biasanya, orang melupakan bahwa selain modal finansial dan niat untuk mengembangkan usaha tas, ada juga psychological lain yang perlu dimiliki, yaitu psychological disiplin. Setiap orang yang hanya memiliki kecerdasan intelektual, bisa saja gagal dalam membangun bisnis tasnya. Cara memperbanyak relasi dapat dimulai dengan menjadi seseorang yang ramah dan juga pandai bergaul. Bersikaplahlow profile agar orang di sekitar Sahabat merasa nyaman dan senang dengan Anda. Jangan lupa untuk belajar sesuatu dari orang yang Anda kenal karena hal tersebut akan sangat berguna. Bergabung dalam komunitas pelaku usaha juga dapat membantu memperbanyak relasi Sahabat, khususnya dari sesama pelaku usaha.

Padahal bila kita ingin benar-benar memahami kasus antara ojek pangkalan dan ojek on-line, keduanya sama-sama pengendara ojek yang mempunyai hak yang sama dan setara untuk mendapatkan akses ekonomi. Keduanya sama-sama dijamin hukum untuk melakukan kegiatan ekonomi . Keduanya harus bisa menunjukkan nilai lebih masing-masing, sehingga konsumen bisa memilih berdasarkan keuntungan yang bisa didapat selayaknya kegiatan jual-beli. Kompetisi di antara dua jenis ojek ini tidak bisa terelakkan, bila kita menggunakan sudut pandang keuntungan konsumen. Sangat berpengaruh karena unit usaha tersebut relatif sulit untuk mengadopsi perkembangan teknologi baru untuk meningkatkan daya saing produk yang dihasilkannya.

Kesadaran diri kelima yang perlu kita miliki untuk menjadi pengusaha sukses adalah memiliki tekad yang kuat dalam mengejar tujuan hidup dan pantang menyerah. Seringkali, ada banyak orang yang sangat ingin menjadi pengusaha sukses, namun mereka tidak memiliki psychological ‘Tahan banting’, baru juga menghadapi tantangan kecil, sudah buru-buru ingin menyerah. Calon pengusaha sukses akan memiliki psychological yang kuat dan siap menghadapi segala tantangan serta rintangan bisnis yang akan menghampiri mereka.

Mentalitas pebisnis

Anda harus memperjuangan apa yang sudah direncanakan dalam bisnis Anda. Saya akan sangat senang jika anda mau meluangkan waktu untuk membagikan artikel ini pada orang – orang yang belum terbangun psychological pengusaha mereka. Jika di tahap ini sudah mampu anda lakukan maka psychological pengusaha anda insya Allah akan terbangun dan terlatih dengan sangat baik. Kebiasaan yang saya lakukan adalah membaca kisah sukses seseorang dalam bidang apapun, yaa bahkan saya tidak pernah bosan untuk membaca atau mendengarkan kisah mereka walaupun sudah berkali – kali.

Anwar berharap 10 hingga 15 tahun mendatang Muhammadiyah tak hanya dikenal dengan sekolah dan rumah sakit, tetapi juga bisnis dan ekonomi keumatannya. Gerakan ekonomi dan kewirausahaan ini dapat memajukan organisasi, umat, dan bangsa. Misalnya, setiap anak diwajibkan sehari dalam sepekan berdagang, satu tahun mereka telah melakukan bisnis sebanyak 50 kali dan untuk siswa SD berarti mereka telah berbisnis sebanyak 300 kali. Saat ini, menurut dia, implementasi gerakan ini sudah mulai digalakkan di Yogjakarta, tetapi belum terlalu serius untuk menjadi sebuah kebijakan.

Membangun psychological entrepreneur bisa terlihat gampang namun sulit untuk dijalankan. Ketika Anda memilih jalan hidup sebagai pengusaha banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam menjalaninya kedepan. Hal yang dipikirkan adalah bukan berbicara pada 1-2 tahun ke depan, namun seumur hidup Anda.

Jika kamu berpikir kamu bukan pengusaha maka kamu mendekati masalah dari sudut yang salah. Sudut yang tepat adalah saya ingin memulai bisnis … menjual sesuatu, melakukan sesuatu, menciptakan, bermimpi dan tumbuh. Tantangan terbesar adalah tantangan inside, seperti stres, ketakutan, dan keraguan diri. Setiap orang memiliki keterampilan dan kemampuan, tetapi tidak semua orang harus menginvestasikan keterampilan dan kemampuan itu dalam memulai bisnis. Sayangnya tidak banyak yang menyadari itu dan tetap nekad mencobanya dan merasakan kegagalan. Banyak kendala sebelum memulai bisnis yang mungkin akan kamu hadapi.