Jul 18, 2020 Keuangan Bisnis

5 Sumber Belajar Investasi Pemula Ala Jenius, Modal Jadi Investor

Ingat selalu bahwa investasi tidak hanya menawarkan keuntungan, namun juga memiliki risiko. Jangan sampai saat risikonya terjadi, kelangsungan hidup jadi terganggu. Nggak ada investasi yang lebih baik selain investasi untuk perkembangan diri, begitulah menurut Warren Buffett. Sebelum terjun dalam dunia investasi saham, investasilah untuk diri kamu sendiri yang bisa meningkatkan kemampuan dan mengasah bakat yang udah kamu miliki. Tentukan keterampilan apa yang ingin kamu kuasai, dan luangkan waktu serta biaya untuk mewujudkannya.

Kamu bisa kembali mengambil uangmu setelah beberapa tahun, sehingga mendapatkan bunga dan keuntungan besar. Jika sudah paham dan mengerti kamu bisa mulai mengambil langkah lebih berisiko, seperti melakukan jual beli serta memperhatikan pergerakan harga. Supaya nggak ribet dan lebih mudah, kamu bisa mendaftar reksadana langsung di bank-bank terdaftar.

Kemudian, ia akan melanjutkannya dengan investasi jangka panjang, seperti yang dapat dilakukan dalam pasar modal. Semakin lama waktu investasinya, maka semakin sedikit risikonya,” ujar Raisha. Namun, mahasiswa tak bisa melakukan investasi semacam itu, sebab penghasilannya belum banyak sehingga harus memilih salah satu. Jadi, bila mau belajar pasar modal serta lebih menantang, bermain saham merupakan pilihan tepat. Semakin lama waktu investasinya, maka semakin sedikit risikonya, ujar Raisha. Pasalnya, ada banyak kesalahan yang terlalu umum dilakukan investor pemula dari kalangan milenial, sehingga investasinya masuk ke “zona merah“ atau justru mengacaukan tata kelola keuangannya.

Jangan lupa catat semua hal yang penting untuk kemudian dipraktikkan sendiri. SPM ini bisa diikuti oleh seluruh masyarakat dengan biaya terjangkau, mulai dari Rp100 ribuan saja. Untuk informasi lebih lanjut, kita bisa mengunjungi situs SPM. CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini banyak orang yang menyarankan kawula muda untuk mulai berinvestasi. Melansir dari CNBC, buku ini merupakan rekomendasi Warren Buffett yang ditulis pada surat pemegang saham tahun 2012.

Belajar Investasi

Selain itu, umumnya buku juga mengupas berbagai studi kasus secara mendalam sehingga akan sangat menyenangkan bagi investor pemula untuk membuat keputusan mengenai jenis investasi yang akan diambil. Sebelum masa pensiun tiba, alangkah baiknya Anda belajar investasi saham dan mulai melakukan investasi sejak dini. Menabung di bank memiliki resiko yang rendah dengan keuntungan yang rendah juga. Jika tujuan kamu menabung adalah mengharapkan perkembangan nilai uang yang lebih besar, kamu harus mempertimbangkan untuk melakukan investasi. Sebenarnya, investasi memiliki cakupan yang luas, tidak hanya terbatas pada instrumen keuangan saja.

Besar dana darurat yang disiapkan setiap orang berbeda-beda tergantung profil keuangan masing-masing. Sebelum memulai investasi, pastikan kamu sudah/sedang mengumpulkan dana darurat agar aman ketika kondisi tak terduga terjadi. Sekarang saatnya untuk memutuskan apa yang ingin kamu dapatkan dari berinvestasi. Jelas, tujuan akhirmu adalah menghasilkan uang, tetapi kebutuhan setiap orang berbeda. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan termasuk pendapatan, apresiasi modal, dan keamanan modal.