Jul 23, 2020 Keuangan Bisnis

3 Tips Sukses Perkuat Bisnis Kopi Di Tengah Pandemi

Gi investor yang menanamkan investasinya di dua wilayah penanaman dan industri kopi. Dengan iklim kondusif seperti itu, investor tidak ragu lagi untuk menanamkan modalnya di industri kopi brazil. Namun, pemerintah yang tidak berpihak pada industri karena alokasi dana Negara ditujukan untuk sektor lain. Investor akan menanamkan investasinya di tempat yang dianggap memiliki prospek keuntungan yang tinggi.

Ada baiknya kamu sasar lokasi yang berdekatan dengan pusat-pusat keramaian seperti perkantoran, mal, sekolahan, kampus dan lainnya. Jangan lupa usahakan untuk membuat beda desain kedai kopi yang akan kamu bangun. Kalau pengelolaan dan manajemennya baik, maka bisa dipastikan akan mendapatkan keuntungan. Namun kalau buruk, maka akan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.

Bisnis kopi luwak di Indonesia termasuk salah satu yang penghasilannya fantastis. Harga yang dibandrol untuk 1kg kopi luwak di Inggris bisa mencapai Rp 10 juta. Bahkan tercatat di Guiness Book of Record kopi luwak termasuk dalam deretan jenis kopi termahal di dunia. Jadi nggak heran juga ya kalau sekarang ini makin banyak pemula yang mencari tahu bagaimana cara memulai bisnis kopi karena prospeknya memang sangat menjanjikan. Begitu juga dengan persaingan bisnis kopi yang menjadi sangat kompetitif. Baik itu persaingan bisnis dari skala pabrikan, provider kopi, dan juga kedai kopi atau coffee store.

Bisnis Kopi

Dapat disimpulkan jika usaha kopi tidak hanya mencari keuntungan saja, namun juga rasa dan emosional menjadi hal yang penting dalam menjalani usaha ini. Di mana, semua kalangan mulai dari kelas menengah ke bawah hingga kelas atas pun dipastikan dapat menikmati banyak jenis kopi. Dengan memilih rumah sebagai lokasi, biaya lokasi yang kamu keluarkan pun menjadi nol dalam pencatatan modal.

Adapun kendala lain yang bisa menghambat bisnis sampingan jualan biji kopi adalah merancang kemasan kopi. Menurut Sebastian, untuk membuat kemasan Lingko Coffee, ia menggunakan jasa percetakan label di Jakarta. Persoalannya, untuk membuat kemasan yang terbuat dari aluminium foil dilapisi kertas coklat pada bagian luarnya itu, ada minimal order yang ditentukan pihak percetakan. Pendapat Yoko dibenarkan Stanlie Andika, penjual biji kopi kemasan 200 gram dengan model Kopi Ogut. Candu dari minuman berkafein tersebut terus menjalar ke semua kalangan, dari kaum remaja hingga orangtua. Penggalan lirik lagu nyeleneh Tabla karya musisi Anton Tabla yang dinyanyikan sendiri oleh sang penciptanya dalam dialek khas Betawi ini, sempat viral di media sosial pada tahun lalu.

Dalam usaha kopi pemilihan pembeli memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan goal yang diincar. Anda harus memperhatikan siapa yang kan membeli kopi Anda, Hal ini dapat diketahui dengan melakukan pengamatan dengan lokasi yang Anda pilih. Selain itu Anda dapat melakukan pengamatan dengan melihat bisnis kopi sukses lainnya dengan mengamati tentang siapa saja yang membeli, cara untuk melayani, harga yang dijual atau konsep usaha yang ada. Lebih jauh ia menjelaskan, ada sejumlah fakta menarik yang dijumpai dari hasil studi ini. Antara lain, tujuh faktor yang mampu mendorong pertumbuhan bisnis kedai kopi di Indonesia.