Jul 29, 2020 Keuangan Bisnis

11 Kesalahan Investasi Saham Yang Harus Anda Hindari

Saat ini investasi saham makin mudah dijangkau seluruh lapisan masyarakat dengan cara nabung saham. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Dengan layanan ini, Pintek berkomitmen untuk menjadi roda penggerak perkembangan pendidikan Indonesia. Andre bekerja di perusahaan swasta dengan gaji per bulan sebesar Rp 6 juta.

Selain itu, investasi saham langsung juga memiliki potensi mendapatkan return yang lebih tinggi karena investor bisa menentukan sendiri ingin berinvestasi di mana. Sebagai investor, kamu hanya perlu menyiapkan dana untuk dikelola oleh manajer investasi di portofolio efek. Sebagai informasi, portofolio efek meliputi produk pasar uang, obligasi, maupun saham. Pada akhirnya, para investor akan kian diuntungkan,” kata Megawati dalam keterangannya, Kamis, 26 Agustus 2021.

Investasi Saham

Pilihan saham untuk pemula bisa dimulai dengan saham – saham blue-chip tersebut. Tidak ada definisi yang saklak soal saham blue-chip, tetapi biasanya Anda bisa melihat saham yang punya kapitalisasi pasar besar dan ramai diperdagangkan setiap hari di bursa. Pilihan saham untuk pemula bisa menggunakan saham – saham yang diiinvestasikan oleh Reksadana Saham.

Sebelum memilih saham, Anda dapat melihat faktor seperti kinerja perusahaan dan prospek produk mereka di masa depan. Apabila mengalami kesulitan, Anda dapat meminta masukan dari perusahaan sekuritas yang Anda pilih. Meskipun menjanjikan keuntungan atau timbal balik yang besar, investasi saham juga memiliki resiko paling tinggi dibandingkan investasi pasar modal lainnya. Kebanyakan orang membeli saham dengan tujuan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan dengan investasi. Apalagi, investasi saham dapat digunakan baik jangka pendek maupun panjang. Selain itu, penting juga untuk membandingkan layanan dan biaya yang dikenakan dari masing-masing perusahaan sekuritas.

Anda harus punya yang namanya Rekening Dana Investor atas nama Anda sendiri. RDI harus diisi dengan setoran awal yang telah ditentukan oleh masing-masing perusahaan sekuritas. Dana yang tersimpan di RDI itulah, yang bisa Anda gunakan untuk membeli saham, atau menerima dana hasil penjualan saham. Sebelum memulai investasi, setiap calon investor diwajibkan membuka rekening efek di perusahaan sekuritas yang mereka pilih.

Langkah selanjutnya menuju investasi saham yang menguntungkan yaitu memilih perusahaan sekuritas. Skala perbandingan risiko baik untuk kerugian dan keuntungannya tidaklah jauh berbeda. Selain itu, tendensi turun dan naiknya nilai saham dapat berubah tidak lagi dalam hitungan hari bahkan bisa dalam hitungan jam. Akan tetapi, godaan terhadap iming-iming keuntungan yang dapat diberikan dalam bermain saham, terkadang membuat orang yang kurang berhati-hati dan akhirnya gagal dalam berinvestasi saham. Bagi Anda yang ingin memulai investasi saham, ada baiknya belajar dari kesalahan investor sebelumnya.

Sehingga investor pun punya banyak pilihan untuk mentransfer uangnya. Fee jual beli saham di Mirae pun cukup rendah, yakni 0,25 persen untuk jual dan zero,15 persen untuk beli saham. Kedua, cari saham perusahaan yang memiliki potensi berkembang tetapi masih mempunyai rentang harga yang murah untuk dibeli. Selain itu, jangan terlalu banyak melakukan diversifikasi jenis saham. Kemudian yang paling penting, jangan lupa untuk selalu belajar saham secara terus menerus.

Maka untuk meminimalisir kerugian yang lebih besar kamu dapat menjual saham tersebut setelah melalui berbagai pertimbangan. Sedangkan analisis teknikal adalah teknik analisis yang bertujuan untuk memperediksi development suatu harga saham dengan memperlajari information pasar yang lalu. Kemarin kita sudah perkenalan dengan apa itu saham syariah, mulai dari definisi, hukum, karakteristik atau ciri-cirinya, hinga indeks saham syariah yang beroperasi di Indonesia. Apabila menilik resiko keduanya, maka resiko dalam berinvestasi saham jauh lebih rendah apabila dibandingkan dengan buying and selling saham.

Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu risiko terbesar dalam berinvestasi saham. Semoga penjelasan ini membantu kamu mengerti perbedaan investasi saham dengan buying and selling saham. Tentunya setiap orang mempunyai profil risiko yang berbeda, jadi pastikan kamu tidak salah memilih antara investasi atautradingsaham. Cut loss adalah keputusan menjual saham dalam posisi rugi untuk menghindari kerugian yang lebih besar.