Aug 01, 2020 Keuangan Bisnis

10 Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis

Manfaatkan semaksimal mungkin kehadiran media sosial dan berbagai kanale-commerceataumarketplaceuntuk memasarkan produk Anda. Jangan sungkan mempromosikan bisnis di akun media sosial Anda. Bila perlu, colek satu-satu teman Anda yang potensial menjadi pelanggan.

Bakal ada banyak hal yang harus Anda lakukan sebelum Anda meluncurkan bisnis Anda. Mulai dari mencari peluang bisnis yang tepat, mengumpulkan modal usaha, membuat business plan, dan sebagainya. Dengan kata lain, apa yang Anda bangun, apa yang Anda lakukan saat ini di bisnis online, perlu waktu dan proses untuk bisa mendapatkan hasil. Jadi ketika Anda sudah memulai bisnis online dan mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan, maka berpikirlah positif, mungkin rezeki Anda memang seperti itu. Jangan patah semangat, terus berdoa dan perbaiki ikhtiar Anda.

Ketahui produk yang dijual, strategi yang digunakan, dan kelebihan yang dimiliki oleh produknya. Belum memiliki keunikan dan nilai jual dalam produk yang dihasilkan. Lokasi usaha yang kurang strategis sehingga sulit untuk menentukan pangsa pasar. Tidak perlu khawatir, jika Anda tidak memiliki background akuntansi dan belum memiliki akuntan pribadi untuk usaha Anda. Kini pembukuan berbasis teknologi akan membantu Anda dalam pencatatan transaksi setiap harinya.

“Hal yang saya puji dari keterlibatan BRI dalam mendukung ketahanan pangan adalah melakukan pembinaan dan pemberdayaan melalui mannequin bisnis klaster padi. Kualitas pertanian padi kita sangat bergantung pada ekosistem bisnis yang terbangun. Butuh ekosistem yang mengintegrasikan seluruh proses bisnis baik on-farm maupun off-farm secara optimal. BRI hadir sebagai mitra yang memberdayakan dan menguatkan ekosistem keuangan bisnis secara menyeluruh,” tambah Menteri BUMN.

Manfaatkan juga internet, untuk mencari informasi dan mengembangkan pemasaran via on-line. Saya salut dengan semangatnya Kadek Ayin dalam memulai bisnis online nya. Semoga kian berkembang, lebih bermanfaat, dan menemukan jalan supaya bisnisnya bisa lebih menghasilkan dan menguntungkan. Wah keren sekali, terimakasih untuk tipsnya sangat membantu sekali. Apalagi disaat kondisi seperti ini bisnis on-line banyak digemari.

Modal barang pun dapat dipinjam melalui metode konsinyasi apabila sudah kenal. Nah ini dia keuntungan kamu cari tahu dulu alias riset di awal tentang kebutuhan pasar. Kalau kamu bisa mencari kebutuhan dan selera pasar, sekalipun itu sesuatu yang mainstream, kamu tetap bisa bersaing dengan yang lain. Akan tetapi, kamu harus memastikan bahwa usaha mainstream itu tetap memiliki keunggulan. Misalnya kamu unggul soal urusan rasa, pelayanan, atau varian yang dihadirkan.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bisnis Anda dapat berkembang dan tidak mengalami kerugian dari dampak resiko bisnis yang dijalani. Dan bila Anda memiliki cerita menarik atau pengalaman membangun bisnis onlineDigitalMarketer.id akan sangat senang bisa mendengarkannya, tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini. Meski Anda tidak merencakan untuk segera memiliki web site ketika mulai menjalankan usaha, ada baiknya memikirkan apakah nanti Anda membutuhkannya dan untuk apa Anda menggunakannya. Ditambah lagi, eksistensi secara online di sosial media jadi bagian besar untuk memperoleh nama dan bisnis di luar sana. Bisnis on-line juga menawarkan kenyamanan dalam mengantarkan produk langsung ke rumah pelanggan, mereka tak perlu susah seperti mengalami kemacetan hanya untuk mengunjungi dan bertransaksi di toko Anda.

Menjalankan Bisnis dengan baik

Anda tidak perlu menguasai programming atau coding untuk bisa membuat website. Jika Anda tidak ingin pelanggan lari ke kompetitor, Anda harus meyakinkan mereka bahwa bisnis on-line Anda benar-benar ada dan bukan tipu-tipu belaka. Nah, salah satu cara paling efektif untuk meyakinkan pelanggan adalah dengan mempunyai web site resmi. Sarah LaFleur, pemilik model MM.LaFleur berkata bahwa ia sempat gagal ketika pertama kali membangun bisnisnya di tahun 2013. “Saya kemudian mengubah mannequin bisnis saya dari e-commerce menjadi butik pakaian,” ujarnya. Enam bulan kemudian, ia sukses membuat bisnisnya sukses di pasaran.

Sedangkan yang berbayar, itu beriklan di platform suatu media dengan mengeluarkan sejumlah biaya tertentu, seperti Facebook Ads dan Google Ads. Semoga bisa membantu memotivasi teman-teman pengunjung yang mampir dan membaca artikel weblog ini. Semakin sering Anda bertemu, berkumpul, dan berdiskusi dengan orang-orang yang satu vibrasi dan satu visi, Anda akan menemukan berbagai peluang dan dukungan untuk saling help, berbagi semangat, dan ilmu.